Kendal. KPU Kab. Kendal kembali menggelar debat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kendal tahun 2010 pada hari Selasa 1 Juni 2010 putaran kedua bertempat di ruang rapat paripurna DPRD Kendal.

Debat pasangan calon dipimpin oleh moderator Rahmat Bowo Suharto SH, MH dosen di Universitas Sultan Agung Semarang. Panelis yang dihadirkan kesemuanya merupakan akademisi dari Universitas Diponegoro Semarang. Panelis pertama Prof. Dr. H. Mudjahirin Thohir, MA Guru Besar Fakultas Ilmu Budaya dan panelis kedua Dra. H. Fitriyah, MA dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Hampir sama seperti debat putaran pertama tanggal 26 Mei lalu, acara debat pasangan calon ini dibagi menjadi 5 (lima) sesi. Sesi I adalah pemaparan visi, misi dan program berkenaan dengan sektor politik dan hukum. Sesi II panelis 1 dan panelis 2 mengajukan pertanyaan pada masing-masing calon Bupati, sedangkan pertanyaan untuk calon Wakil Bupati diberikan pada sesi III. Pada sesi IV panelis bertanya kepada salah satu pasangan calon dan kemudian keempat pasangan calon lain menanggapi jawaban pasangan calon tersebut. Sesi terakhir yaitu sesi V pasangan calon menyampaikan pernyataan penutup yang berisi kesimpulan visi, misi dan program terkait tema hukum dan politik untuk lima tahun mendatang.

Banyak kalangan menilai debat putaran kedua ini berjalan lebih hidup dan tertib daripada debat putaran pertama. Kelima pasangan calon mulai berani mengkritik dan menyanggah jawaban pasangan calon lainnya. Terlepas dari itu, pasangan calon dengan tema hukum dan politik ini berjalan dengan lancar berkat kesigapan Polres Kendal dan PROTV akan menyiarkan debat putaran kedua ini pada hari Rabu tanggal 2 Juni 2010 jam 22.00 WIB