Kendal. Rabu tanggal 27 Mei 2010 KPU Kab. Kendal menggelar debat kandidat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kendal tahun 2010 putaran pertama bertempat di gedung DPRD Kendal.

Debat ini dimulai jam 10.00 WIB diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonenesia Raya bersama, selanjutnya sambutan Ketua KPU Kab. Kendal Drs. H. Abdullah Sachur. Dalam sambutannya Ketua KPU mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi mesukseskan pemilu Bupati dan Wakil Bupati Kendal tahun 2010 sehingga pemilu 6 Juni 2010 mendatang dapat berjalan lancar, sukses dan aman. Di sisi lain, diharapkan masyarakat dapat menilai visi, misi, program dan kualitas personal masing-masing pasangan calon.

Debat kandidat dipimpin oleh moderator Eko Budi Prasetyo dan panelis, yang pertama Drs. H. Abu Hafsin, MA, P.Hd dosen IAIN Walisongo Semarang dan yang kedua DR. H. Masruki M.Pd Pembantu Rektor III Universitas Negeri Semarang.

Acara debat pasangan calon ini dibagi menjadi 5 (lima) sesi. Sesi I adalah pemaparan visi, misi dan program berkenaan dengan sektor sosial, ekonomi dan budaya. Sesi II panelis 1 dan panelis 2 mengajukan pertanyaan pada masing-masing calon Bupati, sedangkan pertanyaan untuk calon Wakil Bupati diberikan pada sesi III. Pada sesi IV, ditayangkan slide tentang kondisi ekonomi, sosial dan budaya masyarakat Kendal untuk kemudian di komentari masing-masing pasangan calon. Sesi terakhir yaitu sesi V, panelis bertanya kepada salah satu pasangan calon dan kemudian keempat pasangan calon lain menanggapi jawaban pasangan calon tersebut.

Secara keseluruhan debat pasangan calon dengan tema sosial, ekonomi dan budaya berjalan dengan lancar yang tidak terlepas dari dukungan segenap elemen masyarakat termasuk dukungan Polres Kendal dan disiarkan TVKU pada hari Kamis tanggal 27 Mei 2010 jam 22.00 WIB. Debat kandidat putaran kedua akan dilaksanakan tanggal 1 Juni 2010.