Kendal. Senin tanggal 24 Mei proses pelipatan surat suara untuk Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Kendal tahun 2010 dimulai di Aula KPU Kab Kendal. Jumlah surat suara dalam pemilu Bupati dan Wakil Bupati Kendal ini disesuaikan dengan DPT Kabupaten Kendal yang mencapai 732.017 orang ditambah 2,5 % dari DPT sehingga diperoleh surat suara sebanyak 732.017 ditambah 18.300 (pembulatan ke atas) menjadi 750.317.

Kegiatan ini melibatkan 186 orang wanita yang merupakan istri-istri Koramil dan remaja putri terutama dari warga yang bertempat tinggal di sekitar kantor KPU Kab. Kendal yang netral dan tidak berafiliasi dengan salah satu pasangan calon tertentu. Alasan memilih petugas wanita karena kaum wanita dianggap lebih teliti dan telaten dalam melipat surat suara sehingga diharapkan hasil lipatan baik dan rapi. Dari 186 orang petugas wanita dibagi ke dalam kelompok kecil yang beranggotakan 6 (enam) sampai 7 (tujuh) orang. Setiap surat suara yang berhasil dilipat dihargai Rp 50,- dan rata-rata per kelompok bisa melipat surat suara hingga 7.000 surat suara per hari . Dengan demikian diharapkan proses pelipatan surat suara ini bisa selesai dalam waktu 5 (lima) hari yakni hari Jum’at tanggal 28 Mei 2010.

Ibu-ibu dan remaja putri yang menjadi petugas pelipat kertas suara mengaku senang karena bisa mendapat tambahan penghasilan untuk keluarga mereka daripada berdiam saja di rumah.