Hari Minggu kliwon tanggal 6 Juni 2010 merupakan hari yang bersejarah bagi masyarakat Kabupaten Kendal karena pada hari ini pesta demokrasi lima tahunan untuk memilih Bupati dan Wakil Bupati Kendal kembali digelar.

Pemungutan suara dilakukan di 1.640 TPS yang tersebar di 20 Kecamatan se-Kabupaten Kendal mulai jam 07.00 sampai 13.00 WIB. Masyarakat Kab. Kendal yang berusia 17 tahun keatas atau sudah pernah menikah dan terdaftar dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap) dapat menggunakan hak pilihnya di TPS sekitar lingkungan tempat tinggalnya untuk menentukan pemimpin Kab. Kendal lima tahun ke depan. Selesai pemungutan suara jam 13.00, dilakukan proses penghitungan suara di masing-masing TPS oleh petugas KPPS dengan disaksikan oleh para saksi dari masing-masing calon dan masyarakat sekitar.

Sementara pada jam 15.00 di Aula KPU Kendal dilakukan proses penghitungan suara manual sementara. Hal ini dilakukan dengan cara membagi 20 Kecamatan menjadi lima wilayah yang di koordinir oleh dua orang staf KPU Kab. Kendal. Setiap Ketua PPS (Panitia Pemungutan Suara) mengirimkan pesan singkat atau SMS yang berisi hasil perolehan suara masing-masing pasangan calon di tingkat desa kepada korwil masing-masing kecamatan. Data ini kemudian dimasukkan korwil ke dalam komputer yang berisi tabulasi sementara desa tiap kecamatan untuk selanjutnya ditampilkan secara langsung supaya masyarakat dapat segera mengetahui hasil sementara pemilu Bupati dan Wakil Bupati Kendal tahun 2010.